Pada tanggal 26 Januari 2018 lalu Sekolah Radmila mengadakan program Jumat Kebersihan. Program ini dilaksanakan di perumahan warga penduduk di sekitar lingkungan Sekolah Radmila. Kami memulai kegiatan ini pukul 07.30 – 09.00 WIB. Kami berjalan santai sambil memungut sampah plastik yang kami temui. Awalnya kami hanya menyiapkan 4 kantong sampah berukuran besar, namun belum sampai seperempat perjalanan 4 kantong sampah ini sudah penuh, padahal kami hanya memungut sampah yang ada di kanan kiri ruas jalan yang kami lewati. Kemudian ada beberapa warga yang bersimpati memberikan beberapa kantong plastik untuk membantu kami. Diakhir perjalanan kami mengumpulkan lebih dari 8 kantong plastik besar sampah plastik. 

Bayangkan dalam waktu 1,5 jam saja lebih dari 8 kantong besar sampah plastik yang dikumpulkan di jalan yang kami lewati, dan itu hanya lingkup satu perumahan di ruas kiri kanan jalan. Belum yang ada di selokan, pagar, halaman rumah atau belakang rumah. Jika dalam satu kelurahan hanya terdiri dari 10 perumahan maka terdapat 80 kantong sampah plastik yang di kumpulkan dalam 1,5 jam di setiap kelurahan. Celakanya kota Batam memiliki kurang lebih 75 Kelurahan, kalau di kali 80 maka menjadi 6000 kantong sampah plastik yang dikumpuklan hanya dalam waktu 120 menit.

Ini hanya hitungan sederhana, belum hitungan yang sebenarnya.
Untuk itu, mari bersama para penerus Bangsa kita tumbuhkan kesadaran kita untuk menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita. Sampah Plastik bukan hanya membuat musnahnya keindahan lingkungan, lebih dari itu sampah plastik juga dapat menjadi ancaman bagi bumi kita, rumah terbesar bagi umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *